PENDAHULUAN
Latar Belakang
Ilmu Manajemen sangat
penting untuk kehidupan kita sehari-hari, bahkan bisa di sebut Wajib bagi
mereka yang sangat menghargai waktu, jika seseorang yang pintar dan ulet tetapi
dia tidak bisa mengatur Konsep Manajemen pada dirinya sendiri, maka waktu tidak
akan berfikir dua kali untuk meninggalkan dirinya. Ilmu Manajemen tidak hanya
sebatas ilmu yang sekedar di fahami, hal ini juga penting di praktikkan pada
kehidupan kita sehari-hari. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali timbul permasalahan-permasalahan
yang di latar belakangi karena tidak mampu nya seseorang mengatur Ilmu Manajemen
pada dirinya sendiri. Ilmu Manajemen sebetulnya sama usianya
dengan kehidupan manusia, mengapa demikian karena pada dasarnya manusia dalam
kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip Ilmu Manajemen,
baik langsung maupun tidak langsung. Baik di sadarai ataupun tidak disadari. Oleh
sebab itu perlu kita tekankan bahwa dengan mempelajari Ilmu Manajemen dan mempraktekkan
nya dikehidupan sehari-hari, kita dapat memperoleh hasil yang maksimal, karena
Ilmu Manajemen sangat identik dengan Sikap Disiplin.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dan macam-macam Manajemen?
2.
Apa sumber Manajemen?
3.
Apa fungsi Manajemen?
4.
Bagaimana Klasifikasi Manajemen
berdasarkan tingkatan dan kegiatan?
5.
Apa pengertian Manajer dan tugas
Manajer?
6.
Apa fungsi Manajer?
7.
Apa Keterampilan Manajerial yang harus
dimiliki seorang Manajer?
Tujuan
Penyusun dan pembaca
dapat mengetahui arti atau makna dari
Ilmu Manajemen, apa saja sumber Manajemen, fungsi Manajemen. Juga dapat
mengerti apa Bagaimana Klasifikasi Manajemen berdasarkan tingkatan
dan kegiatannya, Pengertian, tugas, fungsi Manajer. Serta mengetahui
Keterampilan Manajerial yang harus dimiliki seorang Manajer.
ISI
Pengertian Manajemen
Manajemen dapat diartikan sebagai seni dan ilmu
perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan sumber
daya manusia dalam mencapai tujuan.
Macam-macam Manajemen
1.
Manajemen strategik
Pengertian
Manajemen Strategik menurut beberapa ahli yaitu :
Menurut Pearch dan Robinson
(1997) dikatakan bahwa manajemen strategik adalah kumpulan dan
tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi)
rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.
2.
Manajemen Proyek
Pengertian
manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengendalikan dan mengawasi berbagai sumber
daya yang terhimpun dalam suatu wadah(organisasi)yang bersifat sementara.untuk melakukan
kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya agar mencapai sasaran
dan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
dan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
3.
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan (Kotler, 1980).
4.
Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan
adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan,
pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi
Atau
perusahaan.
5.
Manajemen Personalia
Manajemen personalia
adalah : "Suatu ilmu seni untuk melaksanakan antara lain planning,
controlling, sehingga efektivitas dan efesiensi personalia dapat di tingkatkan
semaksimal mungkin dalam pencapaian tujuan.
6.
Manajemen Produksi
Manajemen Produksi merupakan
proses pencapaian dan pengutilisasian sumber daya yang ada guna memproduksi
atau menghasilkan barang atau jasa yang berguna untuk mencapai tujuan dan
sasaran organisasi.
7.
Manajemen Kelas
Manajemen Kelas
adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang
optimal dan ketrampilan untuk mengembalikan kondisibelajar yang optimal.
8.
Manajemen Sumber Daya Alam
Manajemen Sumber Daya Manusia, disingkat MSDM,
adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga
kerja) yang dimiliki oleh individu secara
efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai
tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi
maksimal. Dan masih banyak lagi Manajemen lainnya.
Sumber
Manajemen
1.
Man : tenaga kerja manusia
2.
Money :Uang, untuk biaya keseluruhan kegiatan
3.
Materials : bahan-bahan yang diperlukan.
4. Metode : teknik/cara/sistem yang digunakan
5. Machines : mesin-mesin yang digunakan
6.
Waktu : penjadwalan kegiatan
7. Prasarana : lahan/tanah, gedung, alat angkut, listrik
dan air, dan sebagainya
Fungsi
Manajemen
Forecasting {Perkiraan}
Planning dan budgeting {Rencana}
Organizing {Pengorganisasian}
Staffing {Susunan Kepegawaian}
Directing {Mengarahkan}
Leading {Memimpin}
Coordinating {Bekerjasama}
Motivating {Memvotifasi}
Controlling {Mengatur}
Reporting {Melaporkan}
Klasifikasi
Manajemen Berdasarkan Tingkatan
Menurut Geogeri R
Terry
- Top manager/manajer tertinggi/manajer puncak.
- Middle manager/ manajer menengah.
- First line manager/ manajer lini pertama/ supervisory manager.
Klasifikasi
Manajemen Berdasarkan Kegiatan
- Functional manager (manajer fungsional)
- General manager (manajer umum)
Pengertian
Manajer
Menurut Stoner,
Manajer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan usaha yang
bertujuan untuk membantu organisasi dalam memncapai tujuan yang telah
ditetapkan
Tugas
Manajer
1.
Memberi instruksi untuk melaksanakan pekerjaan.
2.
Mengawasi pegawai-pegawai dalam melaksanakan
tugasnya.
3.
Melatih pegawai-pegawai untuk melaksanakan
tugasnya.
4.
Mengembangkan metode-metode baru untuk
melaksanakan pekerjaan.
Fungsi Manajer
-
Memahami Visi dan Misi Manajer
-
Memobilisasi Manajemen
-
Mengembangkan Potensi dan Pemikiran
-
Mendayagunakan Sumber
Keterampilan
Manajerial Yang Harus Dimiliki Seorang Manajer
Menurut Robert L. Karz ada 4 keterampilan manajerial
yang dibutuhkan untuk menjadi seorang manajer:
- Technical skill (keterampilan teknis)
- Human skill (keterampilan manusiawi)
- Administrative skill (keterampilan administrasi)
- Conceptual skill (keterampilan konseptual)
KESIMPULAN
Setelah
terselesaikannya Makalah Ilmu Manajemen ini, kita memperoleh pendapat, Manajemen merupakan suatu ilmu dan juga suatu seni. Sebagai suatu ilmu, manajemen harus memiliki landasan keilmuan yang kokoh. Sebagai seni, maka manajemen dipraktekkan berdasarkan keterampilan yang diterapkan untuk mencapai
hasil yang diinginkan. Dan dapat ditarik Kesimpulan bahwa Ilmu Manajemen
merupakan Sikap/Perilaku mengontrol diri yang dilalui proses perkiraan,
perencanaan matang untuk mencapai suatu tujuan dan hal ini wajib di miliki
setiap manusia.