⇘ Klik dibawah ini ! ⇙

MAKALAH UNSUR DAN FUNGSI MANAJEMEN Terbaru (2013)

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Berikut yang melatar belakangi pembuatan Makalah Unsur dan Fungsi Manajemen ialah Penyusun tahu akan alasan bahwa Manajemen dapat dikatakan bukan ilmu, tetapi keterampilan, sehebat apapun ilmu manajemen tidak akan mendatangkan manfaat. Manajemen akan berguna jika dikerjakan. Jangan terkejut, manajemen sebagai ilmu jauh berbeda dengan manajemen dalam praktek yang kita ketahui. Itulah sebabnya para Prof, DR dalam ilmu manajemen tidak bisa mengelola sesuatu urusan. Buktinya banyak birokrat kita yang ilmu manajemennya tinggi tetapi melakukan tindakan yang bersifat mismanajemen.

B.       Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah Unsur-unsur Manajemen Menurut Para Ahli?
2.      Apasajakah Unsur-unsur Manajemen Secara Umum?
3.      Apasajakah Fungsi Manajemen?

C.      Tujuan
Dalam hal ini adapun Tujuan pembuatan Makalah Dasar Manajemen berikut adalah untuk memperdalam filosofi tentang Ilmu Manajemen umumnya dan Unsur serta Fungsi Manajemen khususnya, mengerti akan maksud sebenarnya dalam Ilmu Manajemen, dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari.

D.      Manfa’at
Kita dapat belajar bersama dan dapat memahami akan penting nya Manejemen dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi penyusun sendiri dapat lebih memahami cara membuat makalah, penyusun dapat belajar memanfaatkan waktu yang sedikit dalam mengerjakan sebuah makalah. Menambah wawasan, dan tepat waktu dalam Proses penyusunan makalah.

BAB II
ISI


1.    Unsur-unsur Manajemen Menurut Para Ahli

Fremont E. Kast menyebutkan adanya dua unsur dasar manajemen, yaitu :
a)      M e n
b)      Materials

Sedangkan O.F. Peterson memberikan definisi atas manajemen sebagai “the use of men, materials and money to echieve a common goal” (penggunaan sekelompok orang, material serta uang untuk mencapai tujuan bersama). Dari definisi tersebut nampak adanya 3 (tiga) unsur dasar manajemen, yaitu :
a)      M e n
b)      Materials
c)      Money

George R. Terry mengemukakan bahwa unsur dasar (basic elements) yang merupakan sumber yang dapat digunakan (available resources) untuk mencapai tujuan dalam manajemen adalah :
a)      M e n
b)      Money
c)      Machines
d)     Methods
e)      Materials

Selain kelima unsur diatas terdapat unsur yang keenam dari manajemen yaitu “market”. Unsur-unsur manajemen tersebut biasanya dikenal dengan istilah “6 M  didalam manajemen” (The Six M’s in Management).



2.    Unsur-unsur Manajemen Secara Umum

a.       M e n (manusia, orang-orang, tenaga kerja)
Tenaga kerja ini meliputi baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif. Dalam kegiatan manajemen faktor manusia adalah yang paling menentukan. Titik pusat dari manajemen adalah manusia, sebab manusia membuat tujuan dan dia pulalah yang melakukan proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya itu. Tanpa tenaga kerja tidak akan ada proses kerja. Hanya saja manajemen itu sendiri tidak akan timbul apabila setiap orang bekerja untuk dirinya sendiri saja tanpa mengadakan kerjasama dengan yang lain. Manajemen timbul karena adanya orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

b.      Money (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan)
Uang merupakan unsur yang penting untuk mencapai tujuan disamping faktor manusia yang menjadi unsur paling penting (the most important tool) dan faktor-faktor lainnya. Dalam dunia modern yang merupakan faktor yang penting sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai suatu usaha. Suatu perusahaan yang besar diukur pula dari jumlah uang berputar pada perusahaan itu. Tetapi yang menggunakan uang tidak hanya perusahaan saja, instansi pemerintah dan yayasan-yayasan juga menggunakannya. Jadi uang diperlukan pada setiap kegiatan manusia untuk mencapai tujuannya. Terlebih dalam pelaksanaan manajemen ilmiah, harus ada perhatian yang sungguh-sungguh terhadap faktor uang karena segala sesuatu diperhitungkan secara rasional yaitu memperhitungkan berapa jumlah tenaga yang harus dibayar, berapa alar-alat yang dibutuhkan yang harus dibeli dan berapa pula hasil yang dapat dicapai dari suatu investasi.



c.       Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
Dalam setiap organisasi, peranan mesin-mesin sebagai alat pembantu kerja sangat diperlukan. Mesin dapat meringankan dan memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan. Hanya yang perlu diingat bahwa penggunaan mesin sangat tergantung pada manusia, bukan manusia yang tergantung atau bahkan diperbudak oleh mesin. Mesin itu sendiri tidak akan ada kalau tidak ada yang menemukannya, sedangkan yang menemukan adalah manusia. Mesin dibuat adalah untuk mempermudah atau membantu tercapainya tujuan hidup manusia.

d.      Methods ( metoda atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan).
Cara , penggerakan, dan pengawasan. Dengan cara kerja yang baik akan memperlancar dan memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Tetapi walaupun metode kerja yang telah dirumuskan atau ditetapkan itu baik, kalau orang yang diserahi tugas pelaksanaannya kurang mengerti atau tidak berpengalaman maka hasilnya juga akan tetap kurang baik. Oleh karena itu hasil penggunaan/penerapan suatu metode akan tergantung pula pada orangnya.

e.       Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan).
Manusia tanpa material atau bahan-bahan tidak akan dapat mencapai tujuan yang dikehendakinya, sehingga unsur material dalam manajemen tidak dapat diabaikan.

f.       Market (pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan).
Bagi suatu perusahaan, pemasaran produk yang dihasilkan sudah barang tentu sangat penting bagi kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan berhenti apabila barang-barang yang diproduksi itu tidak laku atau tidak diserap oleh konsumen. Dengan perkataan lain pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses kegiatan perusahaan atau industri. Oleh karena itu penguasaan pasar untuk mendistribusikan hasil-hasil produksi agar sampai kepada konsumen merupakan hal yang menentukan dalam aktivitas manajemen. Agar pasaran dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera dan daya beli konsumen. Barang yang berkualitas rendah dengan harga yang relatif mahal tidak akan laku dijual. Hal diatas adalah penggunaan pasar dalam dunia perniagaan. Adapun dalam administrasi Negara, yang menjadi pasar adalah masyarakat (publik) secara keseluruhan, sedangkan yang menjadi produknya adalah berupa pelayanan dan jasa (service). Apabila rakyat atau masyarakat telah merasakan pelayanan yang sebaik-baiknya dari pemerintahnya maka rakyat akan pula memberikan kerjasama dengan sebaik-baiknya atau dengan perkataan lain mendukungnya sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan stabil.

g.      Information (Informasi)
Tentu saja informasi sangat  yang sedang disukai, apa yang sedang terjadi di masyarakat, dsb. Manajemen informasi sangat penting juga dalam menganalis produk yang telah dan akan dipasarkan.

Ketujuh unsur manajemen tersebut lebih dikenal dengan sebutan 6 M + I , yaitu man,  money,  material, machine,  method, market dan information. Setiap unsur tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Manajemen tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya ketujuh unsur tersebut.

3.    Fungsi Manajemen
-       Forecasting (Fungsi Peramalan)
Dalam Manajemen, ada Peramalan Terhadap rencana yang akan dibuat. Tujuannya agar bisa memperkirakan apakah tujuan tersebut harus dilakukan atau sebaiknya tidak perlu dilakukan.


-       Planning (Fungsi  Perencanaan)
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.

-       Organizing (Fungsi Pengorganisasian)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

-       Actuating/Directing (Fungsi Pengarahan dan Implementasi)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

-       Controlling (Fungsi Pengawasan dan Pengendalian)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.




BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

1.        Kesimpulan
Meskipun Para Ahli menyebutkan Unsur-unsur Manajemen berbeda-beda tetapi dapat kita tarik Kesimpulan dari pembahasan isi Makalah di atas ialah.
Unsur Manajemen tersebut ada 7, yakni :
a)         M e n (manusia, orang-orang, tenaga kerja)
b)        Money (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan)
c)         Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
d)        Methods ( metoda atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan)
e)         Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
f)         Market (pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan)
g)        Information (Informasi)

Dan Kesimpulan akan Fungsi Manajemen ialah :
a)         Forecasting (Fungsi Peramalan)
b)        Planning (Fungsi  Perencanaan)
c)         Organizing (Fungsi Pengorganisasian)
d)        Actuating/Directing (Fungsi Pengarahan dan Implementasi)
e)         Controlling (Fungsi Pengawasan dan Pengendalian)

2.        Saran
Saran bagi Pembaca yang baik, kontribusi nya agar dapat membantu menyempurnakan Makalah ini, karna Penyusun sadar bahwa masih banyak kesalahan dalam pembuatan Makalah ini.

ஜ۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩۞۩ஜ

 
Design by Fajri Pahlawan | Bloggerized by Yura Annisa | Forever Love