BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Berikut yang melatar belakangi pembuatan
Makalah Unsur dan Fungsi Manajemen ialah Penyusun tahu akan alasan bahwa Manajemen
dapat dikatakan bukan ilmu, tetapi keterampilan, sehebat apapun ilmu manajemen
tidak akan mendatangkan manfaat. Manajemen akan berguna jika dikerjakan. Jangan
terkejut, manajemen sebagai ilmu jauh berbeda dengan manajemen dalam praktek
yang kita ketahui. Itulah sebabnya para Prof, DR dalam ilmu manajemen tidak
bisa mengelola sesuatu urusan. Buktinya banyak birokrat kita yang ilmu
manajemennya tinggi tetapi melakukan tindakan yang bersifat mismanajemen.
B. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimanakah
Unsur-unsur Manajemen Menurut Para Ahli?
2.
Apasajakah
Unsur-unsur Manajemen Secara Umum?
3.
Apasajakah
Fungsi Manajemen?
C. Tujuan
Dalam hal ini adapun Tujuan pembuatan Makalah
Dasar Manajemen berikut adalah untuk memperdalam filosofi tentang Ilmu
Manajemen umumnya dan Unsur serta Fungsi Manajemen khususnya, mengerti akan
maksud sebenarnya dalam Ilmu Manajemen, dapat menerapkan di kehidupan
sehari-hari.
D. Manfa’at
Kita dapat belajar bersama dan dapat memahami
akan penting nya Manejemen dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi penyusun
sendiri dapat lebih memahami cara membuat makalah, penyusun dapat belajar memanfaatkan
waktu yang sedikit dalam mengerjakan sebuah makalah. Menambah wawasan, dan
tepat waktu dalam Proses penyusunan makalah.
BAB
II
ISI
1.
Unsur-unsur Manajemen Menurut Para Ahli
Fremont E. Kast menyebutkan adanya dua unsur dasar
manajemen, yaitu :
a) M e n
b) Materials
Sedangkan O.F. Peterson memberikan definisi atas
manajemen sebagai “the use of men, materials and money to echieve a
common goal” (penggunaan sekelompok orang, material serta uang untuk
mencapai tujuan bersama). Dari definisi tersebut nampak adanya 3 (tiga) unsur
dasar manajemen, yaitu :
a) M e n
b) Materials
c) Money
George R. Terry mengemukakan bahwa unsur dasar (basic
elements) yang merupakan sumber yang dapat digunakan (available
resources) untuk mencapai tujuan dalam manajemen adalah :
a) M e n
b) Money
c) Machines
d) Methods
e) Materials
Selain
kelima unsur diatas terdapat unsur yang keenam dari manajemen yaitu “market”.
Unsur-unsur manajemen tersebut biasanya dikenal dengan istilah “6 M didalam manajemen” (The Six M’s in
Management).
2. Unsur-unsur
Manajemen Secara Umum
a. M e n (manusia, orang-orang,
tenaga kerja)
Tenaga kerja ini meliputi
baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif. Dalam kegiatan manajemen faktor
manusia adalah yang paling menentukan. Titik pusat dari manajemen adalah
manusia, sebab manusia membuat tujuan dan dia pulalah yang melakukan proses
kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya itu. Tanpa tenaga kerja
tidak akan ada proses kerja. Hanya saja manajemen itu sendiri tidak akan timbul
apabila setiap orang bekerja untuk dirinya sendiri saja tanpa mengadakan
kerjasama dengan yang lain. Manajemen timbul karena adanya orang yang
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
b. Money (uang yang dibutuhkan
untuk mencapai tujuan yang diinginkan)
Uang merupakan unsur yang penting untuk mencapai
tujuan disamping faktor manusia yang menjadi unsur paling penting (the most
important tool) dan faktor-faktor lainnya. Dalam dunia modern yang
merupakan faktor yang penting sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai suatu
usaha. Suatu perusahaan yang besar diukur pula dari jumlah uang berputar pada
perusahaan itu. Tetapi yang menggunakan uang tidak hanya perusahaan saja,
instansi pemerintah dan yayasan-yayasan juga menggunakannya. Jadi uang
diperlukan pada setiap kegiatan manusia untuk mencapai tujuannya. Terlebih
dalam pelaksanaan manajemen ilmiah, harus ada perhatian yang sungguh-sungguh
terhadap faktor uang karena segala sesuatu diperhitungkan secara rasional yaitu
memperhitungkan berapa jumlah tenaga yang harus dibayar, berapa alar-alat yang
dibutuhkan yang harus dibeli dan berapa pula hasil yang dapat dicapai dari
suatu investasi.
c. Machines (mesin
atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
Dalam setiap organisasi, peranan mesin-mesin sebagai
alat pembantu kerja sangat diperlukan. Mesin dapat meringankan dan memudahkan
dalam melaksanakan pekerjaan. Hanya yang perlu diingat bahwa penggunaan mesin
sangat tergantung pada manusia, bukan manusia yang tergantung atau bahkan
diperbudak oleh mesin. Mesin itu sendiri tidak akan ada kalau tidak ada yang
menemukannya, sedangkan yang menemukan adalah manusia. Mesin dibuat adalah
untuk mempermudah atau membantu tercapainya tujuan hidup manusia.
d. Methods ( metoda atau cara
yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan).
Cara , penggerakan, dan
pengawasan. Dengan cara kerja yang baik akan memperlancar dan memudahkan
pelaksanaan pekerjaan. Tetapi walaupun metode kerja yang telah dirumuskan atau
ditetapkan itu baik, kalau orang yang diserahi tugas pelaksanaannya kurang
mengerti atau tidak berpengalaman maka hasilnya juga akan tetap kurang baik.
Oleh karena itu hasil penggunaan/penerapan suatu metode akan tergantung pula
pada orangnya.
e. Materials (bahan
atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan).
Manusia tanpa material atau bahan-bahan tidak akan
dapat mencapai tujuan yang dikehendakinya, sehingga unsur material dalam
manajemen tidak dapat diabaikan.
f. Market (pasar
untuk menjual output/barang yang dihasilkan).
Bagi suatu perusahaan, pemasaran produk yang
dihasilkan sudah barang tentu sangat penting bagi kelangsungan proses produksi
dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan berhenti apabila
barang-barang yang diproduksi itu tidak laku atau tidak diserap oleh konsumen.
Dengan perkataan lain pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan
proses kegiatan perusahaan atau industri. Oleh karena itu penguasaan pasar
untuk mendistribusikan hasil-hasil produksi agar sampai kepada konsumen
merupakan hal yang menentukan dalam aktivitas manajemen. Agar pasaran dapat
dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera dan daya
beli konsumen. Barang yang berkualitas rendah dengan harga yang relatif mahal
tidak akan laku dijual. Hal diatas adalah penggunaan pasar dalam dunia
perniagaan. Adapun dalam administrasi Negara, yang menjadi pasar adalah
masyarakat (publik) secara keseluruhan, sedangkan yang menjadi
produknya adalah berupa pelayanan dan jasa (service). Apabila rakyat
atau masyarakat telah merasakan pelayanan yang sebaik-baiknya dari pemerintahnya
maka rakyat akan pula memberikan kerjasama dengan sebaik-baiknya atau dengan
perkataan lain mendukungnya sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan stabil.
g. Information (Informasi)
Tentu saja informasi sangat yang sedang disukai, apa yang sedang terjadi
di masyarakat, dsb. Manajemen informasi sangat penting juga dalam menganalis
produk yang telah dan akan dipasarkan.
Ketujuh unsur manajemen tersebut lebih
dikenal dengan sebutan 6 M + I , yaitu man, money, material, machine, method, market dan information. Setiap
unsur tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Manajemen tidak dapat
berjalan dengan baik tanpa adanya ketujuh unsur tersebut.
3. Fungsi
Manajemen
-
Forecasting (Fungsi Peramalan)
Dalam Manajemen, ada
Peramalan Terhadap rencana yang akan dibuat. Tujuannya agar bisa memperkirakan
apakah tujuan tersebut harus dilakukan atau sebaiknya tidak perlu dilakukan.
- Planning (Fungsi Perencanaan)
Dalam manajemen, perencanaan adalah
proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan
itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan
merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa
perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan
pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
-
Organizing (Fungsi Pengorganisasian)
Proses yang menyangkut bagaimana
strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam
sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam
organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan
organisasi.
-
Actuating/Directing (Fungsi Pengarahan dan
Implementasi)
Proses implementasi program agar dapat
dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar
semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran
dan produktifitas yang tinggi.
-
Controlling (Fungsi Pengawasan dan
Pengendalian)
Proses yang dilakukan untuk memastikan
seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan
diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun
berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
BAB
III
KESIMPULAN
DAN SARAN
1.
Kesimpulan
Meskipun Para Ahli menyebutkan Unsur-unsur
Manajemen berbeda-beda tetapi dapat kita tarik Kesimpulan dari pembahasan isi
Makalah di atas ialah.
Unsur Manajemen tersebut ada 7, yakni :
a)
M e n (manusia, orang-orang,
tenaga kerja)
b)
Money (uang yang dibutuhkan
untuk mencapai tujuan yang diinginkan)
c)
Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk
mencapai tujuan)
d)
Methods ( metoda atau cara
yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan)
e)
Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk
mencapai tujuan)
f)
Market (pasar untuk menjual output/barang yang
dihasilkan)
g)
Information (Informasi)
Dan Kesimpulan akan Fungsi Manajemen ialah :
a)
Forecasting (Fungsi Peramalan)
b)
Planning (Fungsi Perencanaan)
c)
Organizing (Fungsi Pengorganisasian)
d)
Actuating/Directing (Fungsi Pengarahan dan
Implementasi)
e)
Controlling (Fungsi Pengawasan dan
Pengendalian)
2.
Saran
Saran
bagi Pembaca yang baik, kontribusi nya agar dapat membantu menyempurnakan
Makalah ini, karna Penyusun sadar bahwa masih banyak kesalahan dalam pembuatan
Makalah ini.